PENGANTAR TASAWUF (1)

“Pengertian Tasawuf”

A.      Secara Etimologi (Bahasa)

Ada beberapa pendapat tentang kata Tasawuf :

  • — Dr Abu al-Wafa ‘ al-Ghanimi at-Taftazani:

Kata tasawuf yang berkaitan dengan kata sufi hanyalah merupakan sebutan atau gelar, dan tidak terdapat dalam akar kata bahasa arab.

  • —  Dr. Zaky Mubarok:

—Kata tasawuf tidak dapat dipastikan dari mana asalnya. Kata tasawuf mungkin dari berasal dari kata ash-shuf, yang artinya bulu,. Karena orang-orang sufi itu pada umumnya mencirikan dirinya dengan memakai pakaina dari bulu domba.

  • —  Prof. Dr. Harun Nasution:

—Shuf adalah kain yang terbuat dari bulu atau disebut wol. Hanya kain wol yang dipakai kaum sufi adalah wol yang kasar yang merupakan simbol kesederhanaan.

Ash- Shuffah , nama serambi Masjid Nabawi di Madinah yang biasanya ditempati oleh orang- orang fakir dari golongan Muhajirin dan Anshar yang ikut berhijrah bersama Nabi. Karena  meninggalkan harta bendanya maka mereka tidak mempunyai apa-apa lagi. Mereka tinggal di serambi masjid dan tidu diatas pelana kuda yang disebut suffah, olehkarena itu mereka dijuluki ahl-suffah. Kendati mereka miskin namun mereka berhati mulia.

—Tasawuf berasal dari kata shafa’ yang artinya suci, Jadi maksudnya adalah mereka itu menyucikan dirinya melalui latihan, yang kita sebut riyadhah.

  • —  Menurut al-Qusyairi dan AT-Thusy:

—Tasawuf berasal dari kata ash-shaff, yang dinisbatkan kepada orang-orang yang ketika sholat berada di shaf terdepan. Sebagaimana orang yang berada di shaf pertama dalam jamaah sholat itu mendapatkan kemuliaan, maka orang-orang penganut tasawuf ini dimuliakan oleh allah.

—Kata Tasawuf berasal dari kata ash-Shifah yang artinuya sifat, dimana orang-orang penganut tasawuf itu lebih mementingkan sifat-sifat mahmudah (terpuji) dan meninggalkan sifat-sifat tercela (madzmumah)

B.      Secara Terminologi (Istilah)[cont’d]

Beberapa pendapat para ahli tentang istilah tasawuf:

  • —  Syaikh Ibn Ajiba (pensyarah kitab al-Hikam):

—  Taswauf ialah ilmu yang membawa anda agar bersama Tuhan Yang Maha Ada, melalui penyucian batin dan memepermanis dengan amal shaleh. Jalan tasawuf diawali dengan ilmu, tengahnya amal, dan akhirnya adalah karunia Ilahi.

  • —  Sayyed Hossein Nasr:

—  Tasawuf ialah melatih upaya jiwa dengan berbagai kegiatan yang dapat membebaskan manusia dari pengaruh kehidupan duniawi dan mendekatkanya kepada allah sehingga jiwanya bersih serta memancarkan akhlak mulia.

  • —  Abu al-Wafa’ al-Ghanimi at-Taftazani (Sufi dari zaman ke zama):

—  Tasawuf ialah sebuah pandangan filosofis terhadap kehidupan yang bertujuan mengembangkan moralitas jiwa manusia dan dapat direalisasikan melalui latihan-latihan praktis tertentu, sehingga perasaan menjadi larut dalam hakikat transendental. Pendekatan yang digunakan ialah dzauq (cita rasa) yang menghasilkan kebahagiaan spiritual. Pengalaman yang muncul pun tidak kuasa diekspresikan melalui bahasa, karena begitu emosional dan personal.

  • —  H. M. Amin Syukur (“Intelektualisme Tasawuf”):

—  Tasawuf ialah sistem latihan dengan kesungguhan (riyadhah mujahadah) untuk membersihkan, mempertinggi dan memeperdalam aspek kerohanian dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah (taqarrub) sehingga segala perhatian hanya tertuju kepadaNya.

  • —  Drs Samsul Munir Amin M.A.(Ilmu Tasawuf):

— Tasawuf ialah usaha melatih jiwa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh, yang dapat membebaskan manusia dari pengaruh kehidupan duniawi untuk bertaqarrub kepada Tuhan sehingga jiwanya menjadi bersih, mencerminkan akhlak mulia dalam kehidupan, dan menemukan kebahagiaan spiritualitas.

Catatan:
1. Artikel ini adalah PPT yang diedit

2. PPT tersebut adalah karya dosen pengampu Pengantar Tasawuf  2013 “STFI Sadra Jakarta”

3. Sudah didiskusikan bersama dengan Mahasiswa STFI Sadra Jakarta Prodi Ilmu al-Qur’an & Tafsir

4. “Pengantar Tasawuf (2) dalam proses”

5. Keterangan lebih lanjut hubungi kontak blog

About these ads