TERLAHIR KEMBALI DI TAHUN BARU

Oleh: Harkaman

Setiap orang tentunya mempunyai harapan. Kita tetap hidup karena ada harapan yang ingin dicapai. Orang bijak mengatakan bahwa “Hidup adalah harapan. Barangsiapa yang kehilangan harapannya maka ia kehilangan hidupya”.

Dan, dalam menjalani kehidupan kita. Harapan hanya menjadi sebatas harapan, harapan yang tidak mempunyai arti. Apabilah tidak diupayakan untuk terwujud. Oleh karena itu, apa artinya harapan jika hanya tersimpan rapih di dalam jiwa. Maka merugilah mereka yang hari kemarin, hari ini dan hari esok sama saja, tidak ada perubahan dalam hidupnya. Ia tidak melakukan suatu usaha yang dapat menjadikan dirinya menjadi lebih baik dibandingkan dengan hari kemarin.

Orang yang seperti  itu sebenarnya tidak mengalami pergantiaan tahun, karena dirinya di tahun ini dan dirinya di tahun yang lalu masih sama saja. Hanya ada satu yang berubah dalam hidupnya yaitu usia. Dimana usianya semakin tua dan kesempatan hidupnya semakin berkurang. Syukur-syukur jika ia menyadari hal itu.

Beruntunghlah mereka yang berhasil lahir kembali dan bangkit mengejar mimpi-mimpinya. Mereka itulah orang-orang yang benar-benar memahami makna tahun baru. Maka ia akan mengupayakan dirinya untuk menjadi lebih baik lagi dibandingkan dengan tahun yang lalu. Mereka benar-benar menggerahkan kemampuannya untuk mengadakan evaluasi bagi dirinya dan menbuat perencanaan yang matan untuk masa yang akan datang. Pergantian tahun tidak dipandang sebelah mata. Sehingga momen itu tidak berlalu begitu saja dalam hidupnya. Akan tetapi, ia berupaya untuk memperoleh makna yang baru dan makna yang lebih bermanfaat.

Tidak seharusnya kita terbuai oleh kenikmatan sesaat dalam perayaan tahun baru. Berpoya-poya dan mengadakan pesta yang tidak jelas makna yang akan didapat apa Oleh karena itu, kita harus menjauhi hal tersebut, yang hanya akan merugikan diri kita sendiri. Suat hal yang sama sekali tidak memberikan manfaat bagi kita. Jadi kita tidak mempunyai alasan untuk tetap melakukannya.

Sudah jelaslah apa yang seharusnya dilakukan dan apa yang seharusnya ditinggalkan. Agar kita bisa tumbuh dan berproses untuk menjadi lebih baik di tahun baru ini.